Profil PT Toyota Astra Motor
PT Toyota-Astra Motor
Industri
Didirikan
Kantor
pusat
Tokoh
kunci
Yoshihiro Nakata, Presiden Direktur
Produk
Vios, Corolla, Camry, Yaris, Fortuner, Kijang Innova, Avanza, Dyna, Agya, Calya, Sienta
Karyawan
± 5000
Situs web
|
---|
PT Toyota-Astra Motor atau biasa disingkat den
gan TAM merupakan Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) Mobil Toyota dan Lexus di Indonesia. TAM merupakan perusahaan joint venture antara PT. Astra International Tbk dengan persentase saham 50% dan Toyota Motor Corporation, Jepang dengan persentase saham 50%.
Sejarah
PT Multi Astra (pabrik perakitan, didirikan tahun 1973)PT Toyota-Astra Motor diresmikan pada tanggal 12 April 1971. Peranan TAM semula hanya sebagai importir kendaraan Toyota, namun setahun kemudian sudah berfungsi sebagai distributor. Pada tanggal 31 Desember 1989, TAM melakukan merger bersama tiga perusahaan antara lain:
- PT Toyota Mobilindo (pabrik komponen bodi, didirikan tahun 1976)
- PT Toyota Engine Indonesia (pabrik mesin, didirikan tahun 1982)
Gabungan semuanya diberi nama PT Toyota-Astra Motor. Merger ini dilakukan guna menyatukan langkah dan efisiensi dalam menjawab tuntutan akan kualitas serta menghadapi ketatnya persaingan di dunia otomotif.
Selama lebih dari 30 tahun, PT. Toyota-Astra Motor telah memainkan peranan penting dalam pengembangan industri otomotif di Indonesiaserta membuka lapangan pekerjaan termasuk dalam industri pendukungnya. PT. Toyota-Astra Motor telah memiliki pabrik produksi seperti stamping, casting, engine dan assembly di area industri Sunter, Jakarta. Untuk meningkatkan kualitas produk dan kemampuan produksi, pada tahun 1998 diresmikan pabrik di Karawang yang menggunakan teknologi terbaru di Indonesia.
- PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia disingkat TMMIN yang merupakan perakit produk Toyota dan eksportir kendaraan dan suku cadang Toyota. Komposisi kepemilikan saham di perusahaan ini adalah Astra International 5 % dan TMC menjadi 95%
- PT. Toyota-Astra Motor sebagai agen penjualan, importir dan distributor produk Toyota di Indonesia. Komposisi kepemilikan saham di perusahaan ini adalah Astra International 50 % sedangkan TMC 50%
Jaringan distribusi
Dalam mendukung penjualan dan layanan purna jual, TAM dibantu oleh 5 Dealer Utama yang membawahi dealer-dealer yang tersebar di seluruh Indonesia. Hingga bulan Desember 2005 telah terdapat 181 outlet dan 101 bengkel resmi. Berikut ini kelima Dealer Utama yang dibagi berdasarkan wilayah geografisnya:
- Auto 2000 merupakan Dealer Utama Toyota di wilayah Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Bali, Kalimantan serta sebagian Sumatra
- Nasmoco merupakan Dealer Utama Toyota di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta
- PT Hadji Kalla merupakan Dealer Utama Toyota di wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah.
- PT Hasjrat Abadi merupakan Dealer Utama Toyota di wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah,Gorontalo, Maluku, Ternate dan Papua
- PT Agung Automall merupakan Dealer Utama Toyota di wilayah Bali, Riau, Jambi, Bengkulu, Tanjungpinang dan Batam.
- PT Dunia Barusa merupakan Dealer Utama Toyota di wilayah Aceh
- PT Perintis Perkasa merupakan Dealer Utama Toyota di wilayah Medan
- PT Krida Dinamik Autonusa merupakan Dealer Utama Toyota di wilayah Nusa Tenggara Barat
- PT Anzon Auto Plaza Merupakan Dealer Utama Toyota di wilayah Kalimantan Barat
source: https://id.wikipedia.org/wiki/Toyota-Astra_Motor
0 Response to "Profil PT Toyota Astra Motor"
Post a Comment