Jenis-Jenis Keyboaard, QWERTY, Maltron, Numerik, DVORAK, Alphabetic, Chord

Jenis keyboard jika dilihat berdasarkan susunan tombolnya dapat dibedakan menjadi beberapa jenis antara lain sebagai berikut.

1. QWERTY
Ciri utama jenis keyboard ini adalah susunan tombol di bawah baris numerik terdiri atas tombol dengan huruf Q W E R T Y. Jari kelingking diposisikan pada huruf Q, jari manis pada huruf W, jari tengah pada huruf E, dan jAari telunjuk pada huruf R. Ibu jari berada pada tombol spasi sedangkan jari tangan kanan  terdiri atas urutan tombol P O I U. Ini adalah teknik mengetik paling populer.
2. Maltron

Karakteristik utama dari keyboard ini adalah bentuk cekung ke dalam dalam dengan tujuan ergonomis agar jari-jari tangan saat mengetik  tidak terlalu lelah.
3.  Numerik
Keyboard jenis ini hanya memiliki susunan tombol numerik dari angka 0 sampai 9 dilengkapi dengan bebrapa tombol operasi eritmatika +,  -, /, 8 dan tombol khusus seperti Enter, Del, dan Num Lock.
4.  DVORAK
Jenis ini memiliki ciri khusus seperti QWERTY yang pada susunan tombol alfaber dapat dilihat dengan susunan tombol A O E U I.
5.  Alphabetic
Jenis keyboard ini memiliki susunan tombol alphabet dimulai dari huruf A hingga Z. Keyboard jenis ini sering digunakan untuk menuntun anak-anak mengenal jenis-jenis huruf.
6.  Chord
Jenis ini hanya memiliki tombol sebanyak 4 hingga 5 buah. Apabila Anda ingin mengetik huruf lain, maka harus menekan kombinasi  beberapa tombol secara bersamaan. Ada dua tipe Chord yang beredar di pasaran, antara lain sebagai berikut.
  • a.  Jenis Palantype Tipe ini hanya mempunyai tiga jenis karakter yang terdiri atas konsonan  awal di bagian kiri, konsonan voal berada di bagian tengah, dan konsonan akhir berada di sebelah kanan.
  • b.  Jenis Stenotype Tipe ini sering digunakan para wartawan untuk mencatat hasil wawancara.
  • c.  Klockberg Tipe keyboard ini dibagi menjadi dua bagian yang saling dipisahkan dengan kemiringan sudut sebesar 15 derajat agak ke bawah. Tujuannya untuk menciptakan  kenyamanan.

0 Response to "Jenis-Jenis Keyboaard, QWERTY, Maltron, Numerik, DVORAK, Alphabetic, Chord"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel