Paragraf Deskriptif Paragraf Argumentatif Paragraf Naratif Paragraf Persuatif





A. Paragraf Deskriptif

Paragraf deskriptif gambaran atau ilustrasi tentang sesuatu hal seperti objek atau kondisi seseorang yang dituangkan dalam bentuk uraian kata-kata sehingga dapat mengajak pembaca untuk mengikuti alur pikiran paragraf  tersebut seakan sedang menjadi pelaku dan merasakan sendiri pengalaman dalam paragraf tersebut. Ciri utama dalam uraian paragraf tersebut adalah mengilustrasikan gambaran suatu objek, lokasi atau sebuah keadaan, merangsang panca indra pembaca untuk mengikuti alur cerita dalam paragraf, dan sering ditemukan kata-kata yang mengandung kata sifat. Jenis paragraf deskriptif dibedakan menjadi tiga seperti berikut.
  1. Spatial, yaitu lebih menggambarkan tentang objek tertentu seperti ruangan, kamar atau lokasi tertentu seperti objek wisata.
  2. Subjektif, merupakan pikiran atau tafsiran atau pendapat yang cenderung melibatkan perasan penulis tentang objek tertentu.
  3. Objektif, merupakan uraian tentang sebuah subjek yang diungkapkan apa adanya sehingga mampu    membawa pembaca seperti dalam keadaan sebenarnya.

B. Paragraf Argumentatif
Pokok pikiran dalam paragraf jenis ini adalah uraian penulis tentang pendapat, analisis, alasan ilmiah atau ide pribadi yang bertujuan untuk memberikan keyakinan kepada pembaca sehingga terpengaruh terhadap tulisan tersebut.karakteristik paragraf ini terutama adalah mengandung uraian yang bersifat analisis, pendapat dan kajian penulis tentang suatu hal dilengkapi data-data secara faktual yang dijabarkan secara ilmiah dan diakhiri dengan kesimpulan. Ada dua tipe paragraf argumentatif, yaitu sebagai berikut.
  1. Sebab akibat, selalu diawali dengan kajian dan pendapat tentang penyebab sesuatuhal yang dibahas  dalam paragraf yang mengarah pada kesimpulan secara umum.
  2. Akibat sebab, berawal dari suatu masalah yang diidentifikasi sebagai akibat suatu hal yang mengerucut pada sebab-sebab yang mungkin menjadi faktor utamanya.

C. Paragraf Naratif

Paragraf ini menguraikan tentang sebuah cerita, kisah, kejadian maupun pengalaman pribadi secara urut dalam rentang waktu tertentu. Ciri utama dalam paragraf ini memiliki tokoh pelaku, lokasi kejadian, waktu

0 Response to "Paragraf Deskriptif Paragraf Argumentatif Paragraf Naratif Paragraf Persuatif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel